Minggu, 13 Maret 2011

Melbourne Sport

Mungkin satu-satunya kota di Australia yang banyak jadwal acara olah raganya adalah kota Melbourne,  bayangkan dalam satu tahun terdapat ratusan jadwal pertandingan olah raga disana.

Yang paling fenomenal dan mendunia adalah jadwal : Australian Tennis Open Grand Slam, Grand Prix Formula 1 dan Australian Motorcycle Grand Prix,  jadi yang maniak dengan olah raga tennis dan balap bisa datang kesana.

Untuk dapat melihat event-event olah raga yang mendunia itu,  sebaiknya dipersiapkan jauh-jauh hari untuk akomodasi dan transportasinya,  karena pas acara perlehatan tersebut bisa jadi hotel,  apartement hingga back packers hotel bisa full  dan transportasi dari Indonesia ke kota Melbourne juga full.   Yang sudah-sudah minimal 2 bulan sebelum acara itu berlangsung sudah harus booking akomodasi dan transportasinya.

Khusus untuk olah raga balap Moto GP,  biasanya di laksanakan di Philip Island jaraknya sekitar 140 km tenggara kota Melbourne,  otomatis kita harus menyediakan dana tambahan untuk ke sana jika ingin melihat ajang Moto GP.  Event olah raga Moto GP ini biasanya dilaksanakan pada bulan Oktober setiap tahunnya. 

Untuk Formula 1,  biasanya dilaksanakan di Albert Park,  didaerah South Yara kota Melbourne dan untuk transportasi ke sana juga terbilang mudah,  banyak tram yang melewati rute disana, dengan nomor rute tram no. 1,  no. 3, no. 26 dan no. 29.   Pemandangan di Albert Park ini cukup exotis karena ditengah-tengah sirkuit terdapat danau dan di kejauhan terlihat gedung-gedung pencakar langit di CBD Melbourne, untuk fasilitas-fasilitas di sekeliling sirkuit juga sangat memadai,  seperti parkir kendaraan yang banyak (walaupun warga Melbourne disana lebih suka naik tram di banding mobil pribadi),  taman (Fawkner Park) dan toko-toko yang menjual makanan dan merchandise.   Event Formula 1 ini biasanya dilaksanakan pada bulan Maret setiap tahunnya.


Bagi yang senang dengan olah raga Tennis,  Australia open biasanya dilaksanakan pada bulan January setiap tahunnya,   pada saat ini suhu udara di kota Melbourne cukup panas bahkan panasnya bisa melebihi kota Jakarta,  perlehatan ini dilaksanakan di Melbourne Park (dulu namanya Flinders Park) juga di kota Melbourne.   Ketika event ini berlangsung jangan heran jika melihat banyak bule disana yang cuma pakai pakaian minim seperti layaknya di tepi pantai,  hal ini dikarenakan pada bulan January setiap tahunnnya kota Melbourne sangat panas dan ini berbanding terbalik di mana bumi bagian utara sangat dingin.

Event-event olah raga lainnya yang ada di kota Melbourne selain yang di sebutkan diatas,  masih banyak lagi baik yang bersifat regional,  nasional Australia maupun yang bertaraf international.   Dan jangan lupa ketika kita melihat acara-acara olah raga bertaraf dunia itu,  untuk membeli merchandise sebagai kenang-kenangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar