Kamis, 10 Maret 2011

Transportasi di Melbourne

Kalo sebelumnya menceritakan secara general kota Melbourne,  sekarang menceritakan soal transportasi disana.

Melbourne terkenal kalo kita mau kemana-mana dengan Tram-nya,  yaitu transportasi umum seperti kereta bertenaga listrik,  gambarnya seperti ini nih..


seluruh kota Melbourne tram inilah yang melayani penumpang setiap harinya,  kalo di Jakarta kita mengenal PPD di Melbourne namanya Metlink (www.metlinkmelbourne.com.au),  tram ini diawaki oleh satu orang yaitu supirnya saja,  jangan harap disana ada kondektur yang siap menagih untuk ongkos perjalanan karena kita disana sebelum naik wajib membeli tiket electronic yang tersedia di banyak tempat,  seperti toko-toko atau kios electronic seperti mesin ATM.

walaupun yang di utamakan kejujuran ketika naik tram di sana (karena ketika naik kita tidak ditanyakan sudah punya kartu atau belum), disarankan jangan coba-coba naik tram tanpa kartu electronik,  karena sewaktu-waktu ada marshal yang suka men-check kartu electronik penumpang,  kalo kita kedapatan tidak memiliki kartu electronic, kita pasti akan di turunkan di halte terdekat,  tapi malunya itu lho karena penumpang yang seperti itu sudah dianggap masyarakat yang kagak bener disana.

Metlink memiliki beberapa area pelayanan,  jadi kalo kita ingin bepergian belilah kartu electronik sesuai dengan areanya atau juga kita bisa beli untuk seluruh area (pasti harganya lebih mahal). ada metropolitan  area (zone 1 dan zone 2), regional area dan local area, ada juga khusus untuk pariwisata keliling kota Melbourne.

Tram khusus angkutan untuk pariwisata di kota Melbourne,  Metlink menyediakan tram gratis untuk keliling-keliling kota Melbourne, dimana di setiap pemberhentian terdapat tempat pariwisata untuk wisatawan baik lokal maupun mancanegara,  tram ini berwarna coklat dan akan lewat setiap 15 menit sekali




Nah...kalo kita mau wisata keliling kota melbourne seperti ke Melbourne Aquarium,  Victoria Harbour, Dockland Park,  sepanjang flinder st (tepi sungai Yara) dll,  bisa naik tram ini.
satu lagi,  system tram disana jika sudah punya kartu electronic,  kita bisa turun naik nyambung antara satu rute dengan rute lainnya,  tinggal menunggu di halte connection.  Kalo di Jakarta mirip naik busway,  ada beberapa halte koneksi seperti di harmoni atau dukuh atas sudirman.

kalo mau lita perta lengkap rute tram berikut,  semoga kagak pusing ya liatnya saking banyak rutenya :


salam'

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar